Kapolres Kubu Raya: Maksimalkan Pencegahan Peredaran Narkoba

Pontianak – Kapolres Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy melakukan rotasi terhadap Kasat Narkoba dan Kapolsek Kawasan Bandara Supadio dengan harapan terjadi peningkatan kinerja dalam pencegahan masuknya narkoba di kabupaten itu.

“Kasatres Narkoba yang sebelumnya dijabat Iptu Robert Marihot Tua Damanik, SH.MH kini digantikan Batman Pandia SIP.MAP yang sebelumnya menjabat Kasatres Narkoba Polres Landak. Sementara Kapolsek Kawasan Bandara Supadio yang sebelumnya dijabat AKP Andi Tentriangka, digantikan oleh Iptu Mutia Betania, SH yang sebelumnya menjabat Kaur Dumas Irwasda Polda Kalbar,” kata Jerrold usai melantik dan melakukan proses serah terima jabatan (Sertijab) di halaman Mapolres Kubu Raya, Senin.

Dalam sambutannya, Jerrold Hendra Yosef Kumontoy menilai, serah terima jabatan di tubuh institusi Polri merupakan suatu proses yang wajar dan harus terjadi serta harus dilaksanakan oleh setiap pejabat maupun personil Polri.

Dirinya berharap, terjadi peningkatan kinerja dalam pengamanan, terutama pencegahan masuknya Narkoba dari wilayah udara maupun darat dan perairan di kabupaten itu.

“Sertijab ini bertujuan sebagai upaya pimpinan dalam meningkatkan pembinaan karir bagi personil itu sendiri dan bagi institusi ialah untuk memenuhi kebutuhan personil sesuai perencanaan pembangunan kekuatan Polri, khususnya dalam jajaran Polres Kubu Raya, selain itu juga sebagai pengarah lingkungan,” tuturnya.

Jerrold mengatakan, sertijab ini sudah sesuai dengan Surat Telegram rahasia (STR) dari Kapolda Kalbar Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto, yang mana ada dua perwira yang dimutasikan dan ada dua pejabat baru yang masuk sebagai Kapolsek Kawasan Bandara Supadio dan Kasat Narkoba Polres Kubu Raya.

“Saya melihat pejabat yang lama sudah menunjukkan kinerja yang maksimal, artinya sebagai Kapolsek Kawasan Bandara Supadio AKP Andi selama ini sudah sering berkolaborasi bersama jajaran maupun pemangku kepentingan yang ada untuk melakukan penjemputan-penjemputan dan pengamanan di kawasan bandara,” katanya.

Sedangkan untuk Iptu Robert Damanik, Kopolres menilai selama kepemimpinannya, Iptu Robert beberapa kali melaporkan kasus tindak narkoba dan penangkapan terhadap tersangka serta melakukan gelar perkara.

“Tentunya hal itu menjadi harapan saya sebagai Kapolres Kubu Raya kepada pejabat yang baru bergabung diantaranya Iptu Mutia sebagai Kapolsek Kawasan Bandara Supadio dan Iptu Batman sebagai Kasatres Narkoba untuk melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugasnya,” harapnya.

Kapolres menyebut, hal pokok yang menjadi renungan bersama bahwa serah terima jabatan bukanlah semata-mata sebagai pelaksanaan kegiatan bersifat formalitas seremonial belaka.

Lebih dari itu hendaknya dilihat sebagai suatu momentum untuk mengevaluasi hasil kinerja dan pengabdian masa lalu yang telah dicapai dan berbagai target yang belum tercapai.

“Pergantian pejabat di lingkungan Polres Kubu Raya ini merupakan hal biasa. Diharapkan pejabat yang baru dapat segera menyesuaikan dengan lingkungannya,” katanya. (Ant)