Puskesmas Kapuas Hulu diminta tingkatkan disiplin dan pelayanan

Kapuas Hulu, Kalbar  – Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sudarso mengingatkan petugas kesehatan di puskesmas meningkatkan disiplin kerja dan pelayanan kepala masyarakat.

“Saya selalu menekankan kepada seluruh petugas kesehatan untuk tetap disiplin dan terus memberikan pelayanan terbaik meskipun berada di perbatasan atau pelosok,” kata Sudarso di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Disampaikan dia, pada saat melakukan monitoring dan evaluasi ke Puskesmas Puring Kencana dan Empanang ada beberapa yang penekanan pembinaan kepada Puskesmas antara lain, peningkatan disiplin pegawai, upaya peningkatan cakupan standar minimal pelayanan, akreditasi Puskesmas, bantuan operasional kesehatan (BOK, jaminan kesehatan nasional (JKN), dan mensuport sarana dan prasarana, sumber daya manusia bidang kesehatan.

Untuk diketahui Puskesmas Puring Kencana dan Empanang merupakan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Menurutnya, pelayanan yang baik juga menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang baik, apalagi untuk pelayanan kesehatan di tengah masyarakat.

“Saya terus memberikan semangat kepada petugas kesehatan, agar selalu memberikan pelayanan terbaik serta disiplin,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Nanang Padli menyampaikan ada beberapa kendala pelayanan kesehatan daerah perbatasan terutama untuk Puskesmas Kecamatan Puring Kencana yaitu ketika kemarau listrik padam, solusi dari dinas yang sudah dilakukan pemasangan panel tenaga surya dan akan diupayakan tahun ini pengadaan genset diesel.

Kemudian, jaringan internet, namun sudah mendapatkan bantuan dari Kominfo berupa internet Wi-Fi bakti aksi.

“Kendala lain, minimnya dokter, perawat, bidan dan kami upayakan melalui tenaga PPPK dan CPNS, kami juga terus berupaya mendorong sarana dan prasarana untuk pelayanan kesehatan di perbatasan,” kata dia.

Dia berharap seluruh jajaran puskesmas meningkatkan pelayanan terbaik untuk masyarakat serta mempersiapkan diri untuk peningkatan akreditasi dengan beberapa kriteria yang harus dilaksanakan.

“Saya rasa apa yang disampaikan Kadis Kesehatan sangat penting apalagi berkaitan dengan peningkatan disiplin pegawai, upaya peningkatan cakupan standar minimal pelayanan, akreditasi Puskesmas, itu mesti menjadi perhatian jajaran kawan-kawan di puskesmas,” katanya. (Ant)