Vaksinasi COVID-19 di Kayong Utara Mulai Februari 2021

Pontianak, – Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat akan dimulai Februari 2021 mendatang dan untuk itu pemerintah segera melakukan sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat.

“Vaksin COVID-19 untuk Kayong Utara yang berjumlah 513 ampul bagi 764 tenaga kesehatan di KKU, yang rencananya akan dikirim pemerintah provinsi pada awal Februari 2021 mendatang,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kayong Utara, Aslinda saat dihubungi di Sukana, Kamis.

Aslinda menjelaskan di tahap pertama vaksin akan diutamakan bagi para tenaga kesehatan karena merupakan garda terdepan penanganan COVID- 19 di Indonesia.

Untuk sosialisasi nantinya dimaksudkan memberikan informasi yang benar terkait vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat umum di tahap berikutnya.

“Biar masyarakat luas lebih tahu tentang pentingnya vaksin ini, nanti pada saat sosialisasi kita juga menghadirkan dari Kementerian Agama untuk mensosialisasikan kehalalan dari vaksin tersebut,” ungkap Aslinda.

Sementara itu, Pemerintah Daerah saat ini masih belum dapat memastikan siapa orang pertama di Kayong Utara yang akan mendapat suntikan vaksin COVID-19 tersebut.

“Untuk pencanangan kita belum tahu mungkin para pimpinan dahulu tapi nanti mungkin dinas kesehatan akan melakukan koordinasi lebih lanjut siapa orang pertama yang akan menerima penyuntikan vaksin perdana tersebut,”ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara terus berusaha meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam penanganan COVID-19 serta berupaya meningkatkan pelayanan medis dari berbagai penyakit lainnya di masyarakat, terutama memberikan keringanan biaya pengobatan bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Kendatipun upaya yang dilakukan rekan-rekan yang tergabung dalam Tim Satgas COVID-19 cukup maksimal, namun tak terlepas dari kekurangan dan kelemahan, hal ini tentunya kita jadikan sebagai bahan koreksi dan evaluasi untuk peningkatan lebih lanjut,” ujar Bupati Kayong Utara Citra Duani.

Citra Duani mengajak masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah dan penyebaran COVID-19 di daerahnya yang sudah menjadi perhatian semua pihak.

“Untuk semua mari terus kita terapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ajak dia. (Ant)