Satgas Latih Wawasan Kebangsaan Siswa SMP di Bengkayang

Pontianak – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti melaksanakan kegiatan Wasbang (Wawasan Kebangsaan) dengan melatih peraturan baris-berbaris kepada siswa-siswi SMP Darmex Ledo Lestari, di Dusun Peleng, Desa Sinar Baru, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

“Kegiatan baris berbaris ini dilatih oleh empat orang anggota Pos Kumba Semunying dipimpin Serda Harris kepada siswa-siswi SMP Darmex Ledo Lestari,” kata Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya, di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau, Senin.

Dia mengatakan bahwa pelatihan baris-berbaris ini dapat membentuk kekompakan, loyalitas, dan kepedulian serta melatih daya konsentrasi setiap siswa.

“Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk membentuk karakter para pelajar agar lebih disiplin dan memupuk jiwa nasionalisme,” ujarnya.

Menurutnya, melalui latihan baris-berbaris ini diharapkan anak-anak mampu mempraktikannya di sekolah dalam menunjang kegiatan rutinitas di sekolah, seperti upacara bendera.

“Dan ini juga merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme kepada anak-anak usia sekolah,” katanya pula.

Ia menambahkan, di masa pandemi COVID-19 ini pembelajaran tatap muka masih dibatasi, sehingga dengan adanya kegiatan ini untuk mengingatkan kembali para siswa-siswi tentang tata cara baris-berbaris di lingkungan sekolah.

“Dalam latihan ini juga personel satgas memberikan pengetahuan mengenai prokes 5M dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” katanya lagi.

Secara terpisah, Danpos Kumba Semunying Letda Inf Bayu S mengatakan maksud diberikannya materi baris-berbaris kepada siswa-siswi ini adalah memberikan suatu latihan awal dalam membela negara, menanamkan rasa disiplin pada siswa, menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan di antara sesama teman.

Sedangkan tujuan baris-berbaris untuk siswa sekolah adalah untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dengan rekan, dan sikap disiplin.

“Dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu, dan secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggung jawab pada siswa,” ujarnya.

Kepala SMP Darmex Ledo Lestari Ignasius Sudirman mengucapkan terima kasih kepada satgas pamtas yang telah memberikan materi baris-berbaris dan wawasan kebangsaan kepada para siswa-siswinya.

“Kami berharap kegiatan ini terus berlanjut, sehingga nantinya para peserta didik memiliki sikap serta mental yang baik untuk menunjang masa depan,” katanya lagi. (Ant)